Indonesian Idol

Indonesian Idol

11

Indonesian Idol adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (inggris) dengan sponsor dari frematlemedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi Reality Show terbesar di Indonesia. Setelah kemunculan Indonesian Idol, banyak Reality Show lain yang ditayangkan.

Indonesian Idol memenangkan panasonic awards untuk kategori Music & Variety Show Terbaik selama 2 tahun berturut-turut, mengalahkan Akademi fantasi indosiar serta KDi singapura saat kesebelas finalis Indonesian Idol berada di singapurauntuk menjadi pembuka tur dunia american idol musim ketiga. yang berada di nominasi yang sama. Indonesian Idol juga mendapatkan penghargaan dari

Reality show bukanlah barang baru bagi kita. Kapan dan stasiun televisi apa yang pertama kali memulai, mungkin sudah kita lupakan. Reality show sekarang ini memang sedang mem’booming‘. Banyak sekali program reality show yang sudah menghilang tapi ada juga yang masih exist sampai saat ini. Program-program reality show yang masih exist tidak lain Indonesia Idol.

boleh dikatakan lebih banyak penggemarnya daripada program reality show yang lain karena semua anggota keluarga terlibat (mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, mama papa, kakek nenek dan para orangtua lainnya). Penontonlah yang menentukan siapa yang bakal jadi pemenang bahkan si pemenang dapat terikat dengan beragam kontrak-kontrak kerja lainnya..

Pengisi Acara di Indonesian IdoL :

Pembawa Acara

Dewan Juri

Acara Ini Ditayangkan Pada :

Hari : juma’t

Pukul/waktu : 20.00 s/d selesai.

images


Indonesian Idol

Format

Variety Show

Pembuat

Simon Fuller

Pemeran

Amelia Natasha
Irgy Ahmad Fahrezi
(2004 & 2005)
Daniel Mananta
Indra Lesmana
Titi DJ
Meuthia Kasim
(2004 & 2005)
Indy Barends
Dimas Djayadiningrat
Anang Hermansyah
Jamie Aditya

Negara

Indonesia

Jumlah episode

?

Production

Produser eksekutif

Aurora Maris

Lama waktu

?

Siaran

Channel asli

RCTI

Original run

2004 – Sekarang

Pranala luar

[indonesianidol.com Situs resmi]

Kriteria pemilihan peserta Indonesia Idol

Bagi mereka yang ingin mengikuti ajang Indonesian Idol ini haruslah WNI atau WNA yang sekurang-kurangnya telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun. Umur yang diperbolehkan untuk mengikuti audisi ini 17-24 tahun. Tetapi jika kita melihat proses audisi di TV, ada juga yang numurnya lebih dari 24 tahun. Peserta audisi harus membawa tanda pengenal dan juga formulir Indonesian Idol yang telah diisi dari ditus remsi atau majalah dan koran. Tidak terikat kontrak dengan perusahaan rekaman apapun.

Babak-babaknya ;

Audisi

berlangsung dari kora-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makasar. Dan berakhir di Jakarta. Audisi kecil Ambon dan Manado. Kontestan dari Manado dan Ambon yang berhasil maju ke babak berikutnya dikirim ke Surabaya untuk ke babak kedua audisi. Audisi terdiri dari dua babak. juga diadakan di

Eliminasi”

Peserta yang dinyatakan lolos tahap Audisi akan mendapat Golden Ticket untuk melaju kebabak Eliminasi. Dimana dalam babak ini, peserta akan bernyanyi secara solo, duet dan grup. Dari babak ini, akan terbentuklah 24 besar (dalam musim pertama, dan kedua dipilih 30 orang) finalis yang akan melaju kebabak berikutnya.

Workshop”

Kedua puluh empat finalis yang dinyatakan lolos babak Eliminasi, selanjutnya akan masuk ke babak Workshop, dimana dalam babak ini, 24 finalis akan dibagi kedalam 3 kelompok. Dan dari masing-masing kelompok akan terbentuklah 12 besar finalis Indonesian Idol.

Wildcard”

Dari peserta Workshop yang tersisih, akan dipilih oleh juri, masing-masing 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, untuk bertanding lagi dan akan dipilih 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan oleh masyarakat untuk melengkapi 12 Finalis.

Spektakuler Show”

12 peserta yang lolos dicbabak sebelumnya akan unjuk kemampuan di babak speckakuler. Babak ini akan berlangsung setiap minggu dan akan menyisihkan satu kontestan dengan voting terendah.

Result Show Spectakuler Show”

Sesi ini ditayangkan seusai penampilan para kontestan di babak spektakuler. Pada sesi ini line voting akan ditutup dan akan diumumkan siapa kontestan yang akan tersisih.

Grand Final”

2 orang peserta yang tersisa akan berlaga dibabak ini. Dengan menyanyikan 3 buah lagu, masing-masing terdiri atas lagu pilihan juri, lagu pilihan peserta, dan lagu yang diciptakan khusus untuk sang finalis.

Battle Goes On”

Acara ini ditayangkan saat seminggu setelah babak grand final. Dimana 2 finalis yang tersisa akan berkampanye untuk meminta dukungan dari pemirsa. Ditayangkan dari 2 tempat yang berbeda.

Result Show Grand Final”

Ditayangkan seminggu setelah babak Grand Final. Atau sehari sesudah Battle Goes On. Dibabak inilah penentuan hasil voting dan akan menobatkan peserta dengan voting tertinggi menjadi sang Indonesian IdoL.

Pemenang dari musim 2004 sampai 2008

Musim

Pemenang

Lagu Kemenangan

Lagu Kemenangan(Bahasa Inggris)

Pertama, 2004

Joy Tobing

Karena Cinta

Because Of Love

Kedua, 2005

Mike Mohede

Semua

Untuk Cinta

All For Love

Ketiga, 2006

Ihsan Tarore

Kemenangan Hati

Victory Of The Heart

Keempat, 2007

Rini Wulandari

Aku

Tetap Milikmu

I’m Still Yours

Kelima, 2008

Aris Runtuwene

Harap

Kan Sempurna

Hope To Be Perfect

Foto-foto :1

images12

0987

Leave a comment